Rabu, 13 Agustus 2014

DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 PEMERINTAH MENAMBAHKAN JAM BELAJAR DI SEKOLAH

Mulai tahun pelajaran 2014/2015 Pemerintah menerapkan aturan baru bahwa untuk tahun ini Kurikulum 2013 memberikan penambahan jam belajar bagi setiap jenjang pendidikan. Kewenangan untuk menjalankan kebijakan ini diberikan kepada pemerintah daerah untuk mengatur penambahan volume belajar bagi peserta didik.

Mohammad Nuh sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)  mengatakan, Penambahan itu berlaku untuk per minggu, bukan per hari, Penambahan jam belajar di setiap jenjang adalah sebanyak tiga sampai dengan enam jam untuk jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas hingga Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam kebijakan tersebut diserahkan ke daerah, pertimbangan penerapan penambahan jumlah jam belajar dihitung setiap minggu. 

Berikut ini contoh penambahan jam perminggu :
Kelas 1-3 SD, Peserta didik yang awalnya mendapat 26 jam pelajaran setiap minggu maka akan bertambah menjadi 30 jam. jumlah jam belajar yang ditambah adalah empat jam pelajaran. Sehingga secara keseluruhan,. Penambahan empat jam belajar ini bukan berarti diberlakukan untuk empat jam dalam satu hari. Tapi, empat jam dibagi ke dalam lima atau enam hari masuk sekolah, dengan lama belajar untuk setiap jam belajar sebanyak 45 menit. Jadi, empat jam itu untuk empat jam pelajaran, bukan empat jam dikalikan 60 menit..
Sedangkan untuk  kelas 4-6 SD akan mendapatkan penambahan jam belajar sebanyak enam jam. Sehingga, peserta didik kelas tersebut akan belajar selama 34 jam seminggu, dari 28 jam pelajaran sebelumnya. “Ketika ditambahkan, penambahan enam jam itu diecer dalam lima hari, dengan lama belajar untuk setiap jam adalah 45 menit.

Dengan adanya kebijakan baru ini diharapkan sekolah-sekolah dapat melaksanakannya dengan baik berharap bagi sekolah yang pembelajarannya selama ini berlangsung selama lima hari, dapat tetap melakukan seperti biasa yaitu Senin-Jumat. " Tadinya, kan pulang jam 12 atau jam 1, dengan waktu 45 menit untuk tiap jamnya. Kemudian, nambahnya hanya setengah jam-an.
Jadi ini merupakan sebuah kebijakan untuk memaksimalkan kurikulum 2013 dengan harapan dengan ditambahnya jam pelajaran ini akan mendapatkan hasil yang maksimal dari Pembelajaran disekolah.


Sumber: nblo

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner